Ngurah Praja


Minggu, 14 Maret 2010

Mancing Mania: Me vs Pari

Mancing mania, minggu 14 Maret 2010 pukul 11.00 WITA, mancing dilakukan di laut Pengambengan, tepatnya di 8.22,47.12 LS, 114.33,22.16 BT selatan Pulau Bali.

Aku mancing bersama Dekwi dan seorang pemandu sekaligus pemilik sampan perahu. Menyewa sampan dengan tarif Rp. 75.000.

Awalnya setelah sampai dilokasi pertama selama 30 menit tidak sarupun ikan yang menyambar umpan, dikejauhan terlihat kelompok pemancing lainnya banyak melakukan strike dengan ikan-ikan ukuran kecil hingga sedang. Kami menjauh menuju lokasi ke dua dari tim pemancing lain. Dilokasi kedua kami hanya mendapat beberapa kali strike dengan ikan-ikan kecil. Dari kejauhan kami melihat sekawanan ikan Putian, kampiun berpindah tempan kelokasi ke ketiga.

Dilokasi ketiga tiba-tiba Dekwi mabuk laut dan memutuskan tidur disampan. Dilokasi ketiga ini aku banyak memperoleh strike dengan ikan ukuran sedang dan besar. Bebrapa saat kemudian aku strike kesar. Dengan tarikan kuat hingga ballring terulur cepat. Awalnya aku kira itu ikan Putihan, tapi entah perlawanannya sangat tenang namun sangat kuat. Aku hanya sempat menarik dan melawan beberapa kali saja, namun ikan melawan dengan sangat kuat. Pemandu mengatakan yang aku lawan adalah seekor Pari berukuran besar. Aku hanya bisa melawan dengan diam dengan ballring terus terulur perlahan. Tanganku gemetar karena tarikan sangat kutan. Perlawanan berlangsung hingga kira-kira 15 menit. Setelah sekian lama aku melawan dengan Pari tersebut aku mencoba menarik pancing dengan kuat bermaksud melawan keras. Namun, senar terputus, yang terputu adalah senar rambat dekat pancing. Kemungkinan terputus karena bergesekan dengan gigi. Hah.... Lelah tangan gemetar tanpa hasil. Aku vs Pari. Yang menang ikan Pari, tapi kasihan pancing putus dan masih menyangkut pada mulut Pari. Oh... Rasa puah dengan sedikit menyesal karena perawanan yang memaksa hingga senar terputus.

Hari yang sangat menyenangkan dengan hasil pancingan cukup banyak.

Gambar disamping saat aku melawan ikan pari besar hingga joran melengkung hingga ke pangkal. Memang joran yang digunakan dengan action low namun cukup kuat untuk melawan pari. Sayangnya tali senar pada rambat sangat lemah hingga terputus.








Gambar diatas adalah lokasi tempat pemancingannya..